KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • Parpol
  • Baliho
  • Parpol 2019

    PARPOL PESERTA PEMILU 2019, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 27 Juni 2018
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

ROAD SHOW SOSIALISASI PILGUBRI 2018

PEKANBARU (KPU) – Dalam upaya peningkatan tingkat partisipasi pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau yang direncanakan menjadi bagian Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) serentak secara nasional tahun 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau lakukan roadshow sosialisasi Pilgub Riau ke 12 (dua belas) kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Pelaksanaan roadshow ini didasari oleh peran serta Pemerintah Daerah (Pemda) seperti yang diamanahkan Pasal 133A Undang-Undang (UU) Pilkada Nomor 10 Tahun 2016, menyatakan Pemerintahan Daerah bertanggung jawab mengembangkan kehidupan demokrasi di daerah, khususnya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih.

Atas dasar itulah KPU Riau memandang perlu melakukan suatu terobosan baru guna saling mengingatkan untuk bersama-sama berupaya meningkatkan partisipasi pemilih terutama berkenaan dengan penyelenggaraan Pilgubri 2018 yang akan memasuki tahapan pada bulan Oktober tahun ini (red-2017).

“Roadshow ini sebagai salah satu bentuk upaya KPU beserta pemangku kepentingan lainnya untuk bersama-sama meningkatkankan tingkat partisipasi masyarakat,” ujar Ketua KPU Riau Dr H Nurhamin SPt MH sekaligus penanggungjawab divisi sosialisasi. Selain itu disetiap pertemuan kami membahas hal-hal terkait upaya peningkatan kualitas penyelenggaraan Pilgubri 2018, imbuh Nurhamin.

Agenda roadshow telah terkomunikasikan dan terlaksana sebanyak 3 (tiga) daerah yakni Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir. Untuk 9 (Sembilan) kabupaten/kota lainnya menunggu kesesuaian jadwal berikutnya.

“Penyesuaian jadwal sangat dibutuhkan, mengingat kesibukan pejabat daerah dan komisioner KPU Riau, untuk itu kita jalin komunikasi yang intensif dengan mereka,” ungkap Ilham komisioner KPU Riau Divisi Hukum dan Pengawasan kepada tim kpu-riauprov.go.id di ruang kerjanya beberapa waktu yang lalu. Mudah-mudahan sebelum memasuki tahapan kita sudah keliling ke-12 kabupaten/kota se-Riau, dan kami juga berharap nantinya peran aktif pemerintah daerah dalam mensosialisasikan Pilgubri 2018 pungkas Ilham.(Hupmas/myd)