KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • Parpol
  • Baliho
  • Parpol 2019

    PARPOL PESERTA PEMILU 2019, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 27 Juni 2018
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

TINGKATKAN PEMAHAMAN PENYELENGGARA MELALUI BIMTEK TUNGSURA DAN SITUNG

BATU(kpu-riauprov.go.id) – Hari pemungutan suara tersisa 74 hari lagi. Dan untuk memperkuat pemahaman jajaran penyelenggara tentang proses pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengundang jajaran KPU provinsi se-Indonesia untuk mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek), di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu (2/2/2019).

 

Anggota KPU RI Divisi Teknis, Ilham Saputra yang membuka secara langsung kegiatan bimtek mengatakan bahwa acara hari ini memang ditujukan untuk menyamakan pemahaman penyelenggara pemilu khususnya ditingkat provinsi akan tata cara pemungutan suara dan penggunaan Situng. Mengingat akan ada banyak perbedaan penanganan tata cara pemungutan maupun penghitungan suara di Pemilu Serentak 2019 dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

"Ini pemilu kita serentak pertama kali, tentu ada perbedaan dan ini tantangan kita," ujar Ilham.

Oleh karena itu Ilham juga berharap peserta bimtek kali ini juga banyak menyampaikan pertanyaan dan masukan terkait proses pemungutan dan penghitungan suara, khususnya yang telah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU). Dia juga meminta agar apa yang diterima oleh peserta nanti bisa dilanjutkan ke jajaran dibawahnya, melalui bimtek baik KPU kabupaten/kota maupun tingkat kelurahan, kecamatan dan TPS. "Jadi tidak putus. Laksanakan ini juga dengan penuh integritas karena kalau pemilu berhasil maka apa yang kita kerjakan juga tercatat dalam sejarah sebagai hasil kerja yang baik," lanjut Ilham.

Ditempat terpisah, dihubungi via komunikasi seluler oleh tim kpu-riauprov.go.id Anggota KPU Riau Divisi Teknis dan Penyelenggara Abdul Hamid mengatakan bahwa bimtek nantinya akan memberikan pemahaman kepada peserta tentang pengisian form C dan C1 serta dilakukan simulasi tata cara penghitungan perolehan suara, konversi suara menjadi kursi serta penggunaan aplikasi Situng. “Selepas ini kami akan melakukan bimtek untuk KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau terang Hamid demikian biasa disapa.

“Bimtek ini sangatlah penting, bahkan menjadi acuan utama sukses tidaknya Pemilu 2019,” tegasnya. Untuk itu diminta kepada KPU Kabupaten/Kota agar dalam melaksanakan Bimtek Tungsura untuk lebih memberi penekanan terkait pengisian form C dan C1 serta memilah mana form yang masuk kota dan mana form yang seharusnya berada diluar kotak, sehingga seluruh rangkaian pemungutan hingga proses rekap ditingkatan selanjutnya dapat dikatakan berhasil dan berjalan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan, imbuh Hamid lagi.

Untuk pelaksanaan waktu Bimtek Tungsura dengan KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau Hamid menyampaikan untuk menunggu instruksi selanjutnya terlebih sampai saat ini regulasi terkait Tungsura belum diundangkan, serta masih dijumpainya beberapa kendala terakit aplikasi Situng yang direncanakan akan disempurnakan beberapa hari kedepan.

(Hupmas/nrs)