KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • Parpol
  • Baliho
  • Parpol 2019

    PARPOL PESERTA PEMILU 2019, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 27 Juni 2018
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

KPU KEP. MERANTI SOSIALISASIKAN CARA PINDAH MEMILIH PEMILU 2019

SELAT PANJANG (KPU) – Sebagai salah satu rangkaian tahapan Sosialisasi Pemilu 2019, KPU Kabupaten Kepulauan Meranti kembali mengadakan Acara Sosialisasi bagi Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Adapun tema yang diangkat pada kegiatan kali ini adalah Sosialisasi tentang Pindah Memilih.

 

“KPU RI telah mencanangkan “Gerakan Melindungi Hak Pilih” untuk itu mari kita secara bersama-sama berusaha mengimplementasikannya dilapangan,” ajak Abu Hamid. Karena memberikan suara adalah hak politik masyarakat untuk itu perlu dijaga dan dilindungi sehingga masyarakat merasa turut andil membangun daerah dan Negara ini, imbuh Abdu Hamid.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Komisioner KPU Meranti Divisi SDM & Hupmas Yusli dan Sandra Marawira. Dalam masing-masing pemaparannya mereka menekankan perlunya badan adhoc menguasai setiap regulasi yang dikeluarkan oleh KPU, sehingga implementasi dilapangan dapat berjalan dengan baik.

“Jangan sampai “Gagap regulasi” menghantui petugas adhoc, bahkan pada saat masyarakat bertanya langsung terkait mekanisme pindah memilih,” ujar Sanra Marawira dihadapan anggota PPK se-Kabupaten Kepulauan Meranti siang itu.

Pada sesi berikutnya Yusli meyakinkan kepada anggota PPK terkait surat suara mana saja yang diberikan kepada pemilih pindahan. “Perlu kecermatan para petugas dalam memberikan surat suara kepada pemilih pindahan,” ujar Yusli. Surat suara yang diberikan tergantung jenis perpindahan pemilih, bisa antar kabupaten maupun provinsi itupun harus dilihat apakah masih satu daerah pemilihan (dapil) atau sudah berbeda karena ini sangat menentukan, untuk itu kami tekankan untuk selalu berhati-hati dan senantiasa menaati regulasi, tegas Yusli diakhir sesi.

(Hupmas/myd)