KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

Print

GALI PENGETAHUAN PEMILU LEWAT CERDAS CERMAT

PEKANBARU (KPU) – Gerakan sosialisasi “membumikan” pengetahuan kepemiluan terus digelorakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) diseantero penjuru negeri, tidak terkecuali KPU Provinsi Riau. Beragam cara telah dilakukan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait penggunaan hak pilih dalam setiap proses penyelenggaraan Pemilu dengan harapakan tingkat partisipasi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan.

 

Dalam sambutannya Ketua KPU Provinsi Riau Nurhamin menyampaikan bahwa cara untuk mengetahui seberapa besar pengetahuan yang dimiliki oleh masyarakat terkait kepemiluan salah satu caranya adalah melalui kegiatan ini (cerdas cermat-red).

“Kegiatan ini merupakan rangkuman dari mulai proses hingga hasil,” ungkap Nurhamin dihadapan para peserta. Karena dengan kemampuan peserta dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan dari dewan juri, KPU Riau akan memetakan kelebihan dan kelemahan terkait sosialisasi Pemilu. Tidak sampai disitu saja KPU Riau juga akan senantiasa meningkatkan kinerjanya melalui beberapa inovasi yang sekiranya sesuai dengan generasi saat ini, untuk itu diperlukan kerja keras dan partisipasi dari rekan-rekan mahasiswa sebagai generasi perubahan penerus bangsa, pungkas Nurhamin.

Bertindak sebagai dewan juri kali ini KPU Provinsi Riau menunjuk salah satu Dosen dari Univesitas Islam Riau Panca Setio Prihatin, S.IP,. M.Si dan Komisioner KPU Riau Sri Rukmin, SH,. M.Ikom. Dari pantuan tim kpu-riauprov.go.id juri membagi pertanyaan dalam 3 yang diawali dengan sesi pertanyaan pergroup, lempar dan rebutan.

Membenarkan ungkapan Ketua KPU Riau salah satu juri dalam kegiatan cerdas cermat Bapak Panca Setio Prihatin menyampaikan bahwa pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan kepada peserta mencakup proses hingga hasil Pemilu, jika peserta terus mengikuti perkembangan politik terutama Pemilu 2019 maka dapat dipastikan mereka mampu menjawab semua soal ujar Panca kepada tim kpu-riauprov.go.id sebelum kegiatan dimulai.

Hasil dari cerdas cermat yang ditaja oleh KPU Riau dalam rangka mensosialisasikan Pemilu 2019 dimenangkan oleh BEM UIN juara dua oleh BEM UR dan juara tiga oleh BEM UNILAK. Pada sesi terakhir ditutup dengan pemberian hadian kepada masing-masing peserta berupa uang tunai yang diberikan oleh Komisioner KPU Riau Divisi Sosialisasi Sri Rukmini dan perwakilan dari Juri Bapak Panca Setio Prihatin.

(hupmas/myd; doc foto/dik2)