KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • Parpol
  • Baliho
  • Parpol 2019

    PARPOL PESERTA PEMILU 2019, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 27 Juni 2018
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

JARING PEMILIH MILENIAL KPU RIAU TAJA PEMILU EXPO DI MALL

PEKANBARU (KPU) – Guna lebih mendekatkan diri kepada masyarakat terutama pemilih pemula/ generasi milenial Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau gelar Pemilu Expo di salah satu Mall di Pekanbaru, Jum’at 14 Desember 2018. Gelaran ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang cukup sederhana terkait hak pemilih pada Pemilu 2019 kelak.

 

Dalam gelaran Pemilu Expo kali ini KPU Riau ingin lebih mendekatkan diri kekhalayak ramai agar lebih dikenal untuk kemudian diikuti dan juga diawasi terutama dalam penyelenggaraan event kepemiluan baik Pemilihan Umum Serentak Nasional ataupun Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

“KPU Riau ingin agar masyarakat mengenal lebih dekat, tidak saja kenal secara kelembagaan/institusi tapi juga dikenal dengan regulasi yang mengaturnya,” ujar Sri Rukmini. Sehingga kedepan masyarakat lebih “melek” politik terutama terkait penyaluran hak pilih yang mereka miliki. Dimana dengan hak pilih mereka mampu berpartisipasi tidak saja untuk menentukan pemimpin tapi juga mampu merubah keadaan/kondisi menjadi lebih baik lagi, imbuh Sri Rukmini lagi.

Penyelenggaraan Pemilu Expo kali ini diisi dengan sajian talkshow yang mengangkat isu gender dan kaum milenial, sehingga diharapkan kaum perempuan turut aktif membahas isu-isu seperti politik, ekonomi, sosial dan terutama terkait kepemiluan. Sementara kaum milenial diharapkan agar lebih peduli lagi untuk menyalurkan aspirasinya dan hak politiknya dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019.

Pemilu expo yang ditaja KPU Provinsi Riau juga mengetangahkan diskusi ringan dengan para komunitas dengan mengangkat “Pemilu Anti Hoaxs” yang diilustrasikan melalui gambar kartun yang dimentori oleh penggiat Kartun Riau Eko Faizin selaku ketua komunitas kartun riau atau lebih dikenal dengan “Sikari”.

Selain itu kegiatan pemilu expo juga diisi dengan lomba cerdas cermat yang diikuti oleh Ibu-ibu pengunjung mall beserta anak-anak remaja mereka, dimana lomba kali ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kaum perempuan baik ibu rumah tangga maupun anak remaja perempuan mereka mengetahuai tentang kepemiluan. Diakhir kegiatan ditutup dengan pembagian hadian lomba cerdas cermat dan foto bersama penyelenggara acara, peserta lomba dan pengunjung mall.

(Hupmas/myd; doc foto/dik2)