KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • Parpol
  • Baliho
  • Parpol 2019

    PARPOL PESERTA PEMILU 2019, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 27 Juni 2018
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

SELEKSI BERBASIS “CAT” CALON KOMISIONER KPU RIAU LANCAR

PEKANBARU (KPU) – Para Timseleksi calon Anggota Komisi Pemilihan Umum tingkat Provinsi dan 11 Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau sepakat berpendapat bahwa proses pelaksanaan seleksi menggunakan Computer Assisted Test (CAT) berjalan dengan lancar dengan hasil yang objektif, bertempat di gedung assessment BKD Provinsi Riau Jl. Ronggowarsito Pekanbaru. Senin (19/11).

 

Seleksi calon anggota KPU baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota berbasis CAT dimulai sekitar pukul 8.00 pagi yang dibagi menjadi 6 sesi dengan rentang waktu 2 jam persesi, ditutup pada sesi ke-6 hingga pukul 23.30 malam.

Dari hasil pantauan dilapangan, tim kpu-riauprov.go.id mendapat gambaran terkait hasil seleksi berbasis CAT cukup diterima oleh para peserta, walaupun terdapat gangguan teknis namun cukup dapat dipahami oleh peserta terutama bagai peserta yang tidak memenuhi passing grade untuk tingkat provinsi dan tidak masuk 30 besar penilaian berdasarkan rangking untuk tingkat kabupaten/kota.

Pasca mengikuti ujian berbasis CAT, peserta dapat langsung melihat hasilnya masing-masing, bahkan panitia langsung melakukan rekap print out hasil CAT dan diumumkan dipapan pengumuman yang telah disediakan. Jadi setiap peserta dapat mengetahui hasil perolehan nilai peserta yang lain, sebagai salah satu control terhadap transparansi perolehan nilai masing-masing peserta.

Tim kpu-riauprov.go.id sendiri diberikan tugas oleh masing-masing timsel agar sesegera mungkin mengumumkan hasil ujian CAT tersebut ke website KPU Riau dengan demikian peserta dan masyarakat pada umumnya juga dapat melihat hasil ujian CAT itu secara real time.

Ditempat yang berbeda Sekretaris KPU Provinsi Riau Drs. Rudinal, B. M.Si menyatakan kepuasannya terkait pelaksanaan ujian penerimaan calon Anggota KPU tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, “Kita cukup apresiasi seluruh timsel dan panitia terkait pelaksanaan ujian CAT ini, semoga semua pihak dapat menerima hasilnya dengan lapang dada, dan bagi peserta yang dinyatakan masuk kriteria tertentu agar dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti tes selanjutnya, pungkas Rudinal.

(Hupmas/myd)