KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

Print

Hari Keenam Pendaftaran, Belum ada Partai Politik yang melakukan pendaftaaran Calon Legislatif

JAKARTA, kpu.go.id – Memasuki Tahapan Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota Pemilihan Umum 2019, KPU Riau telah membuka pendaftaran calon anggota Legislatif, dimana untuk calon DPRD Provinsi dimulai pada 4-17 Juli 2018 dan secara beriringan untuk calon DPD pada tanggal (9-11 Juli 2018).

Hingga hari Keenam pendaftaran calon legislatif untuk balon DPRD (Parpol) belum ada satupun partai politik peserta pemilu 2019 yang mendaftarkan secara langsung nama-nama calonnya. Menurut hasil dari pemantauan Aplikasi Sistem Informasi Pencalonan yang dilakukan oleh Operator KPU Riau, Mulyadi sampai saat ini belum ada satupun Partai Politik yang melakukan submit di Aplikasi.

Anggota KPU yang juga membidangi Divisi Teknis Penyelenggara, Abdul Hamid memprediksi partai politik akan melakukan pendaftaran calonnya di hari-hari terakhir.

“ Persyaratan calon Anggota DPRD harus lengkap apabila belum lengkap maka wajib bagi Parpol untuk melengkapi, meskipun ada masa perbaikan, di harapkan untuk Parpol agar tidak mendaftarakan calonnya pada hari terakhir pendaftaran karena akan menyulitkan bagi parpol itu sendiri jika ada kekurangan dokumen persyaaratan yang belum dipenuhi.”

Sedikit berbeda dengan pendaftaran calon DPRD, di hari pertama pendaftaran untuk calon DPD (perseorangan) pada Senin, 9 Juli 2018 sudah ada sebelas calon DPD yang mendaftar ke KPU Riau sejak pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 hingga pukul 16.00 Wib.

Dari sebelas calon yang mendaftar, satu berkas calon DPD, Phillip Sahat Martin harus dikembalikan karena salah satu dari empat dokumen Syarat Pendaftaran belum lengkap. Sementara sebelas bakal calon DPD lainnya telah memenuhi syarat dan diterima oleh KPU Riau. Adapun sebelas nama bakal calon DPD tersebut yaitu, Suradi, Insiawati Ayus, Rizal Akbar, Zahirman Zubir, Akhyaruddin, Jakiman, M Ridwan, Yusuf Said, Misharti, Juprizal dan Herman Nazar.

(Tekmas/Chip. FOTO/Kukuh)