KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • Parpol
  • Baliho
  • Parpol 2019

    PARPOL PESERTA PEMILU 2019, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 27 Juni 2018
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

Lakukan Sosialisasi Ke UIR, KPU Riau : Indonesia Negara Demokrasi Terbesar Ketiga

PEKANBARU (KPU) – Dalam rangka meningkatkan Partispasi di Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau kembali mengadakan Kegiatan Sosialisasi Goes To Campus dan untuk kegiatan kali ini sosialisasi dilakukan di Universitas Islam Riau (UIR), Sabtu (12/05/2018). Hadir sebagai pemateri Syapril Abdullah, Komisioner Divisi Program Data dan Ilham, Komisioner Divisi Hukum.

Pada paparannya Syapril menegaskan bahwa Indonesia adalah Negara Demokrasi Terbesar Ke-3 di Dunia, setelah Amerika Serikat dan India dan sekaligus Negara Demokrasi Terbesar pertama yang menerapkan sistem Pemilihan Langsung. Kualitas Penyelenggaraan pemilu secara empiris dapat dilihat dengan angka partisipasi memilih masyarakat. Mahasiswa merupakan kelompok intelektual yang memiliki peran strategis dalam mensukseskan penyelenggaraan pemilu dengan berpartisipasi dalam setiap pergelaran pesta demokrasi, karena semakin tinggi partisipasi memilih semakin baik sistem politik yang terbangun, dan semakin kuat pula legitimasi yang merupakan prinsip dalam negara demokrasi .

Sementara Wakil Rektor III UIR, Rosyadi dalam sambutannya mengungkapkan, “ Saya sangat senang dan mendukung kegiatan sosialisasi ini, karena ini merupakan kegiatan yang positif untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai Pemilu. Saya sangat berharap mahasiswa dapat menunjukkan kredibilitasnya sebagai kelompok intelektual dan tidak golput pada saat hari pencoblosan."

Adapun pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018 ini KPU Riau menargetkan partisipasi masyarakat sebesar 75 Persen dan dalam upaya tersebut KPU Riau kian gencar untuk melakukan roadshow dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) ke kampus dan sekolah yang ada di Riau.

Kegiatan Sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh KPU Riau pada tahapan kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dengan sasaran pemilih pemula. Universitas Islam Riau sendiri merupakan kampus ke enam yang didatangi KPU Riau untuk melakukan sosialisasi, ungkap Ilham.

(Hupmas/Ermawaty; Doc/Chip)