KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • Parpol
  • Baliho
  • Parpol 2019

    PARPOL PESERTA PEMILU 2019, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 27 Juni 2018
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

HAK SUARA YANG SAMA BAGI PENYANDANG DISABILITAS

PEKANBARU (KPU) – Guna lebih mengoptimalkan raihan suara para penyandang disabilitas, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau taja sosialisasi bagi pemilih berkebutuhan khusus, bertempat di ruangan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Kantor KPU Provinsi Riau Jl. Gajahmada No. 200 Pekanbaru Senin (26/3/2018).

 

Berdasarkan data yang dihimpun dari penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerahan (Pilkada) tahun 2015 dan 2017 terdapat kenaikan yang cukup signifikan penyandang disabilitas yang menggunakan hak suaranya di TPS.

“Berdasarkan data yang kami miliki, terjadi kenaikan 100% lebih penyandang disabilitas yang menggunakan hak suaranya,” ujar Komisioner KPU Riau Sri Rukmini, SH, M.IKom kepada tim kpu-riauprov.go.id diruang kerjanya. Hal ini yang menjadi salah satu motivasi bagi kami penyelenggara untuk lebih meningkatkan pelayanan dengan mendesign sedemikian rupa TPS yang ramah terhadap penyandang disabilitas, imbuh Sri Rukmini.

Terkait pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018, KPU Provinsi Riau menggelar kegiatan khusus yakni dengan mensosialisasikan Pilgub Riau dengan mengundang organisasi/komunitas yang menaungi para difable dengan harapan mereka mampu menyampaikan informasi terkait Pilgub Riau kepada rekan sesama difable.

Masih diacara yang sama Komisioner KPU Riau Divisi Program dan Data Drs. Syapril Abdullah, M.Si menyampaikan pentingnya peran para pengurus organisasi/komunitas untuk senantiasa membimbing dan mengarahkan para difable yang telah memenuhi syarat sebagai pemilih untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

“Keikutsertaan Bapak/Ibu sangat kami apresiasi, karena dengan demikian aspirasi Bapak/Ibu dapat turut mempengaruhi kebijakan yang akan diambil oleh Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih nanti,” ujar Syapril Abdullah dihadapan peserta. “Saya, Anda dan kita semua memiliki hak yang sama untuk menggunakan hak pilih pada 27 Juni 2018 nanti,” timpal Komisioner Divisi Teknis dan Penyelenggara Abdul Hamid, S.Pi, M.Si.

(Hupmas/myd;doc foto/kukuh)