KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

Targetkan Partisipasi Pemilih 75%, KPU RIAU Adakan Rapat Persiapkan Sosialisasi Ke Kampus dan Sekolah Di Riau

PEKANBARU (KPU) – Dalam rangka untuk meningkatkan Partisipasi Pemilih p, KPU Riau agendakan Kegiatan Sosialisasi ke-Kampus dan Sekolah SMA di Riau. Adapun sosialisasi tersebut akan diadakan dalam bentuk Focus Group Discussion (FGD) yang akan mengunjungi Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi yang berada di Pekanbaru. Rapat Persiapan Sosialiasi ini diadakan di kantor KPU Riau, Kamis (18/01/2018) dengan mengundang serta perwakilan dari Sekolah SMA/SMK/MAN dan Universitas serta perguruan tinggi sekota Pekanbaru. Adapun rapat koordinasi tersebut diadakan untuk mendengarkan aspirasi dan masukkan yang datang dari pihak sekolah dan perguruan tinggi yang terlibat sebagai salah satu institusi yang mempengaruhi pemilih pemula.

 

Kegiatan Sosialisasi tersebut rencanya akan dimulai pada bulan februari, dengan kegiatan yang terdiri dari pemberian materi dan penyuluhan tentang arti penting memilih di pemilu bagi masyarakat terkhusus pemilih pemula yang sebagian besar akan memilih pada Pilkada Gubernur 2018 yang dilaksanakan pada 27 Juni 2017 dan Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) serta Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) yang untuk pertama kalinya akan dilaksanakan serentak pada 17 April 2019.

Menurut Ketua KPU RIAU Dr. H. Nurhamin, S.Pt. MH yang juga turut hadir dalam rapat koordinasi mengungkapkan, ” Pemilih Pemula merupakan segmen pemilih yang potensial mengingat jumlahnya yang berada pada kelas menengah (35%). Sehingga untuk menarik minat pemilih dari pemilih pemula, kegiatan sosialisasi diagendakan akan diselingi dengan kegiatan pelombaan hiburan dan seni dari pihak sekolah serta memanfaatkan media sosial untuk memberikan daya tarik untuk memilih mencapai 75% partisipasi pemilih.

Ketua KPU Riau sebagai lembaga penyelenggara pemilu optimis kegiatan tersebut akan mempengaruhi peningkatan partisipasi di Pilgub Riau 2018, karena salahsatu indikator suksesnya pemilu adalah tingginya partisipasi dari pemilih. Diharapkan dengan dilaksanakan kegiatan ini dapat meningkatan partisipasi yang signifikan terutama dikalangan pemilih pemula sebagi segmen pemilih yang baru pertama memilih di Pilgub 2017.

(Hupmas/chip)