KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

KUNJUNGAN KARANG TARUNA KAB. KAMPAR KE RPP KPU RIAU

PEKANBARU (KPU) – Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang ada di KPU merupakan salah satu sarana yang berfungsi sebagai upaya KPU untuk memberikan pemahaman tentang kepemiluan dan demokrasi yang dikemas berbentuk maket, gambar dan audio visual. Penjelasan tersebut disampaikan oleh Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Abdul Hamid dihadapan Karang Taruna Kabupaten Kampar, Jum’at (24/11) bertempat di salah satu ruangan RPP.

“Peran pemuda sangat menentukan warna atau corak demokrasi bangsa ini kedepan,” tegas Abdul Hamid. Untuk itu KPU berupaya memaksimalkan sumberdaya yang ada untuk mencerdaskan masyarakat dalam memahami pentingnya berdemokrasi yang baik dan benar, imbuh Abdul Hamid.

Dalam penyampaian materi, Abdul Hamid berpesan agar karang taruna menjadi salah satu bagian penting dalam upaya penegakan demokrasi di Negara ini khususnya Provinsi Riau. Mengingat tidak lama lagi Provinsi Riau akan menghadapi helat besar lima tahunan sekali yakni Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018 mendatang.

“Kami berharap rekan-rekan yang tergabung dalam karang taruna ini turut andil dalam penegakan demokrasi, caranya cukup simple yakni memberikan pemahaman tentang pentingnya menggunakan hak pilih mereka sehingga secara tidak langsung akan berdampak kepada tingkat partisipasi masyarakat, kata Abdul Hamid.

Harapan Abdul Hamid pun bersambut, Ketua Karang Taruna Kabupaten Kampar Umarul Fattah menyampaikan bahwa maksud dan kedatangan dari karang taruna kali ini adalah selain bersilaturrahmi juga ingin mengetahui sejauh mana upaya yang telah dilakukan oleh KPU untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

“Kami Karang Taruna Kabupaten Kampar berkeinginan menjadi bagian penting dalam penegakan demokrasi khususnya di bumi lancang kuning,” ungkap Umarul Fattah dihadapan peserta yang lain. Untuk itulah kami pengurus karang taruna Kabupaten Kampar bertandang kemari, semoga dengan kunjungan kali ini kami mendapatkan informasi yang cukup mengenai kepemiluan dan akan kami coba merealisasikannya ke tengah-tengah masyarakat, pungkas Umarul Fattah.

Kegiatan kunjungan karang taruna Kabupaten Kampar diisi dengan diskusi mengenai berbagai hal terutama tentang pencalonan Pilgub 2018 dan bagaimana seharusnya masyarakat menentukan pilihan kepada para calon.

Sambil membagikan souvenir kepada peserta yang aktif dalam diskusi Komisioner KPU Riau Divisi Teknis Penyelenggara Abdul Hamid semangat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh para peserta dengan sesekali melemparkan joke sehingga kunjungan hari itu berlangsung cukup santai namun serius.

(Hupmas/nrs)