KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

SEPI; HARI PERTAMA PENYERAHAN DUKUNGAN PERSEORANGAN

PEKANBARU (KPU) – Seusai mengumumkan kekalayak umum, terkait penyerahan dukungan minimal bagi bakal calon perseorangan di media baik cetak maupun elektronik pada tanggal 9 November 2017 yang lalu, hingga berita ini diterbitkan masih sepi peminat hal tersebut diketahui belum adanya kesibukan berarti bagi panitia penerimaan berkas di lantai 2 Kantor KPU Provinsi Riau.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara Abdul Hamid menyampaikan kepada tim kpu-riauprov.go.id bahwa kesempatan masih terbuka selama rentang waktu yang disediakan, namun ia menghimbau agar para tim pasangan calon terlebih dahulu mengambil username dan password untuk dapat mengunggah file softcopy dukungan ke aplikasi Sistem Informasi Pencalonan (SILON).

“Mekanisme penyerahan dukungan bakal pasangan calon idealnya didahului dengan pengambilan username dan password,” kata Abdul Hamid. Karena ada sedikit penjelasan mengenai tata cara upload file ke aplikasi yang akan dijelaskan oleh operator SILON, imbuh Abdul Hamid.

Aplikasi SILON bertujuan untuk memudahkan sinkronisasi data dukungan seperti kegandaan intern maupun ekstern antar calon, dengan aplikasi ini akan memudahkan para user untuk menghimpun data agar lebih efektif dan efisien.

Abdul Hamid juga menyampaikan perihal tim bakal pasangan calon perseorangan yang telah datang dan berkonsultasi dengan KPU Riau, terkait mekanisme pencalonan serta syarat minimal dukungan yang harus dikumpulkan oleh masing-masing bakal calon yang maju melalui jalur perseorangan.

“Dengan dasar tim pasangan bakal calon perseorangan yang telah datang dan berkonsultasi itulah kita persiapankan semuanya,” ujar Abdul Hamid. Bahkan dibeberapa kali kesempatan kita undang tim ini untuk mengikuti bimtek dan sosialisasi peraturan perundangan yang berkaitan dengan pencalonan Pilgub 2018. KPU hanya sebatas menunggu, ada atau tidak bakal pasangan calon perseorangan yang hadir dan menyerahkan dukungan kita siap, tegas Abdul Hamid.

Berdasarkan keterangan dari Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas Abdul Manap, panitia penerimaan standby diruangan kerjanya masing-masing mengingat kesibukan rutinitas yang juga harus dikerjakan. Ketika panitia mendapat informasi tentang kedatangan bakal pasangan calon perseorangan yang akan datang ke untuk menyerahkan dukungan mereka siap bergerak untuk menempati posisi masing-masing di kepanitiaan penerimaan.

“Kita sudah lakukan simulasi penerimaan dukungan, jadi panitia sudah tahu posisi dan apa saja yang harus dilakukan,” kata Abdul Manap singkat.

(Hupmas/nrs; doc foto/zul)