KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

MAHASISWA UIN SUSKA KUNJUNGI RPP KPU RIAU

PEKANBARU (KPU) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau kembali gelar sosialisasi terkait keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) “Raja Sofyan Samad”, Kamis (16/11) yang dihadiri oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi KPU Provinsi Riau guna meningkatkan kesadaran demokrasi dan partisipasi masyarakat terhadap kepemiluan di Indonesia.

Sosialisasi dengan tema “Fasilitasi Rumah Pintar Pemilu” ini dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau, Nurhamin. Nurhamin mengungkapkan bahwa setiap individu memliki hak politik dan berpartisipasi penting dalam penyampaian informasi.

“Negara demokrasi harus melalui demokrasi structural”, tegas Nurhamin. Nurhamin juga menambahkan bahwa partisipasi konvensional ada pada seluruh masyarakat, sedangkan non-konvensional seperti kita, ada yang ingin tahu, ingin mengkritisi, dan ingin mengambil bagian dalam membuat konstruksi bernegara baik secara aktif dalam formal maupun non formal di dalam lembaga pemerintahan. Yang seperti itulah yang diharapkan dalam Negara demokrasi.

Nurhamin juga berharap kepada generasi penerus khususnya rekan-rekan Mahasiswa UIN Suska Riau untuk lebih peduli dan sadar akan demokrasi, bagaimana memahami prosedur dan pengelolaan demokrasi yang baik dan benar agar menjadi Negara yang Kuat dan tangguh. Pendidikan Politik masyarakat dan taraf ekonomi yang meningkat akan menjadi pemilu dan Pilkada lebih demokratis.

Berdasarkan pantauan tim kpu-riauprov.go.id terlihat bahwa peserta sangat antusias dengan adanya sosialisasi Rumah Pintar Pemilu ini. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya tentang tahapan Pilgubri dan ingin turut membantu dalam mensosialisasikan pilkada dan pemilu 2018.

(Hupmas/KPU)