KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

Kunjungan Mahasiswa UR ke RPP KPU Riau

PEKANBARU (KPU) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau adakan sosialisai untuk kesekian kalinya keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Senin (14/11) untuk meningkatkan sadar demokrasi dan partisipasi politik yang dihadiri 50 orang Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau. kegiatan ini salah satu bentuk sosialisasi KPU Riau yang diadakan guna meningkatkan partisipasi masyarakat untuk lebih mengetahui seputar Kepemiluan di Indonesia.

Sosialisasi dengan tema “Fasilitasi Rumah Pintar Pemilu” ini dibuka langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, Nurhamin. Nurhamin mengungkapkan bahwa setiap individu memiliki hak politik dan berpartisipasi penting dalam penyampaian informasi.

“Setiap individu memiliki hak politik sadar dalam pemilu,” Kata Nurhamin. untuk itu rekan-rekan hikayat dan mahasiswa FISIP UR untuk sadar akan pemilu karna partisipasi penting agar informasi tersampaikan ini terlihat dari kondisi pemilu dari tahun 2013-2017, Pilgub 2013 sebesar 54%, Pileg 2014 sebesar 73%, Pilpres 2014 sebanyak 63%, Pilkada 2015 sebanyak 64%, dan Pilkada 2017 sebanyak 59%. hal yang menyebabkan terjadinya penurunan partisipasi, seperti kurang maksimalnya sosialisasi, banyak pemilih belum terdaftar, dan hal lainnya” sambung Nurhamin.

Nurhamin juga berharap kepada generasi penerus #Generasijamannow untuk lebih peduli lagi akan demokrasi, bagaimana memahami pengelolaan demokrasi yang baik dan benar hingga menjadikan suatu Negara menjadi kuat dan tanggung serta disegani Negara lain dalam menghormati hak-hak orang lain.

Berdasarkan pantauan tim kpu-riauprov.go.id terlihat bahwa peserta sangat antusias dengan adanya sosialisasi Rumah Pintar Pemilu yang difasilitasi Pasca Sarjana Universitas Riau ini. hal ini terlihat banyaknya mahasiswa yang menanyakan perihal Pilgubri 2018, pembentukan PPK dan PPS, dan tentang kepemiluan lainnya.

Rumah Pintar Pemilu ini merupakan sebuah pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program-aktifitas project edukasi masyarakat. Salah satu Rumah Pintar Pemilu yang sudah ada di Indonesia terutama di Riau yaitu “Raja Syofyan Samad” yang sah diresmikan tanggal 1 Oktober 2017 lalu.

(Hupmas/ans;doc foto/zul)