KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

Aplikasi SIPOL Turut Andil Besar dalam Proses Verifikasi Parpol

MEDAN (KPU) – Pelaksanaan tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 sudah di depan mata. Untuk mempersiapkan tahapan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI kembali melakukan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) tipe pengguna KPU kepada KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota, terutama di provinsi Riau.

Salah satu Komisioner KPU Riau yang turut menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek), Ilham, SH, LLM mengatakan SIPOL ini sudah diterapkan sejak tahun 2012 lalu, tetapi karna terkendala dengan penggunaan aplikasi yang dinilai sulit, KPU kembali mencanangkan di tahun 2017 dengan tujuan melayani partai politik agar lebih transparan ke masyarakat.

Beberapa kegunaan dari SIPOL ini sendiri, seperti Verifikasi alamat partai politik, Mengecek administrasi partai politik, mengecek kepengurusan partai dan lain sebagainya yang bisa diakses langsung oleh masyarakat.

Untuk di provinsi Riau, SIPOL ini akan di sosialisasikan secara serentak pada tanggal 23 februari 2018 mendatang.

Ilham juga berharap agar aplikasi ini bisa menjadi transparasi kepada masyarakat dan membuat pekerjaan lebih cepat dan efisisien.

“harapan saya dengan adanya SIPOL ini agar bisa membantu transparasi KPU ke masyarakat, partai politik ke masyarakat dan membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien” ujarnya, usai ditemui oleh tim kpu-riauprov.go.id diruang kerjanya beberapa waktu yang lalu.

(Hupmas/nisa)