KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362
  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

KPU RIAU HADIRI RAKOR TEKNIS PENYELENGGARA PEMILU

Yogyakarta KPU – Dalam rangka memperkuat kelembagaan terutama divisi Teknis Penyelenggara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) taja Rakot Teknis Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada Tahun 2018. Rakor kali ini bertujuan untuk menyamakan persepsi perundangan terbaru, Peraturan KPU (PKPU) serta mereview kembali pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 dan 2017.

Rakor yang mengusung tema “be a good electoral officer” ini menekankan kepada para peserta rapat untuk terus menjaga integritas dan kredibilitas penyelenggaraan Pemilu sehingga kualitas Pemilu dapat terus ditingkatkan.

Dalam sambutannya, Ketua KPU, Arief Budiman mengatakan bahwa hasil Pemilu yang kredibel dihasilkan oleh penyelenggara Pemilu yang berkualitas dan berintegritas. “Ini harus ditekankan agar persoalan dapat diselesaikan dengan baik. Mudah-mudahan (rakor) ini bermanfaat dan membuat Pemilu dan demokrasi di Indonesia menjadi lebih baik,”tegas Arief.

Senada dengan Arief, Anggota KPU, Ilham Saputra juga menekankan untuk melaksanakan seluruh tahapan sesuai jadwal dan ketentuan yang berlaku. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyimpangan dan kesalahan sekecil apapun. “ Jangan ada pelanggaran dan pemihakan kepada pasangan calon ya,” tegas Ilham.

Hadir dalam Rakor tersebut Divisi Teknis Penyelenggara KPU Provinsi Riau H. Abdul Hamid, S.Pi, M.Si didampingi oleh Sekretariat KPU Provinsi Riau. Dalam tanggapannya melalui jejaring media sosial kepada tim kpuhthriau.go.id Bang Hamid, demikian biasa disapa menyampaikan bahwa KPU secara keseluruhan menyatakan kesiapannya melaksanakan Pilkada Serentak 2018.

“Rakor kali ini membahas tentang kesiapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Tahun 2018”, ungkap Abdul Hamid. Selain itu juga membahas tentang persiapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 mendatang, imbuh Abdul Hamid. Adapun beberapa kesimpulan dari hasil Rakor kali ini beberapa diantaranya adalah :.

1. Sudah terjalinnya kejasama KPU dengan UGM terkait beasiswa S2 pelaksanaan tugas belajar Staff KPU dengan konsentrasi jurusan Tata Kelola Pemilu;.

2. Prototipe Rumah Pintar Pemilu Nasional akan dibangun di Taman Pintar di Yogyakarta (zona Pemilu dan demokrasi) yang akan dikunjungi 1 juta orang pertahun.

3. Adanya pemutakhiran Daerah Pemilihan (Dapil).

4. Konversi suara pada Pemilu 2019 menjadi kursi menggunakan metode sainte-lague.

5. Hasil dari rakornas hasil dari rakonas teknis disosialisasikan kepada KPU Kabupaten/Kota.

(detik.com/asp/elz)