KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362
  • abana
  • abana
  • Pilkada Serentak

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

Sosialisasi PKPU; KPU Riau Lakukan Live Streaming

PEKANBARU (KPU) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau terus memaksimalkan pemanfaatan ruang dunia maya (cyberspace). Pasalnya, sejak diluncurkan pada 19 Maret 2017, pemanfaatan dunia maya digunakan seefektif mungkin untuk mendukung berbagai kegiatan menghadapi pemilihan kepala daerah serentak 2018.

“Yang terbaru, kami baru saja mensosialisasikan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2018 memanfaatkan live streaming kepada KPU kabuptaten/kota ,” ujar Ilham Muhammad Yasir, komisioner KPU Provinsi Riau Divisi Hukum dan Pengawasan usai sosialisasi PKPU di kantor KPU Provinsi Riau, Selasa (20/6/2017).

Menurut Ilham, KPU Provinsi Riau ingin menyebarluaskan Peraturan KPU yang baru saja disahkan oleh KPU Republik Indonesia secara meluas. Kegiatan sosialisasi Peraturan KPU ini akan dilakukan secara berkelanjutnya. Sasarannya selain KPU kabupaten/kota juga kepada partai politik, perguruan tinggi, ormas, LSM dan masyarakat Riau secara umum.

“Sehingga seluruh Peraturan KPU terkait dengan Pilkada serentak tersebut tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat,” imbuh Ilham.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Riau, Dr Nurhamin menegaskan, meskipun saat ini belum memasuki proses tahapan pelaksanaan pilkada serentak, tapi sudah masuk ke proses persiapan. Pada persiapan ini menyangkut pengajuan anggaran, pembentukan PKPU dan sosialisasi PKPU oleh KPU RI.

“Melalui live streaming kita bisa membantu KPU RI mensosialisasikan sejumlah PKPU yang sudah disahkan. Toh, live streaming kan tak terlalu membebani anggaran. Yang penting kita ada kemauan dan bertekad memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” ujar Nurhamin.

Disebutkan Nurhamin, ke depan KPU Provinsi Riau akan memanfaatkan ruang dunia maya ini secara berkelanjutan. Terutama yang paling penting ketika anggaran belum dapat digunakan ruang dunia maya jadi solusi KPU Provinsi Riau untuk terus memberikan layanan informasi berkaitan periapan pilkada serentak 2018.

Pada saat tahapan pelaksanaan, Nurhamin akan menyarakan para komisioner KPU Provinsi Riau di masing-masing divisi untuk mensosialisasikan rencana-rencana kegiatannya melalui ruang dunia maya tersebut. “Sehingga informasinya selalu yang terbaru,” harap Nurhamin.

Terkait live streaming sosialisasi PKPU Nomor 1 Tahun 2017, tampak hadir seluruh komisioner KPU Provinsi Riau, Sekretaris, para Kabag, Kasubag dan beberapa KPU kabupaten/kota hadir di kantor KPU Provinsi Riau. Selain Divisi Hukum menyampaikan terkati PKPU Nomor 1 Tahun 2017, dalam kegiatan tersebut para komisioner yang membidangi divisinya masing-masing juga menyampaikan arahan dan informasi terkait dengan proses tahapan pelaksanaan pilkada serentak 2018 itu.

(Humpas/Odg;doc foto/myd)