KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

KPU RIAU PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA

PEKANBARU (KPU) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau laksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila, bertempat di halaman Kantor KPU Riau Jl. Gajahmada Nomor 200 Pekanbaru, Kamis (1/6). Didaulat sebagai Pembina upacara Ketua KPU Riau Dr. H. Nurhamin, SPt, MH sementara komandan upacara adalah Kepala Subbagian Teknis dan Hupmas Nirson, S.Sos.

Dalam amanatnya Nurhamin menyampaikan betapa pentingnya memahami sekaligus mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dimana didalam sila-sila tersebut terkandung makna seperti toleransi dan mengedepankan musyawarah dalam permufakatan. Nurhamin juga menyinggung tentang penempatan teknologi informasi terutama media sosial yang cenderung berisi ujaran kebencian bukan sebaliknya. Media sosial hendaknya digunakan untuk saling menyebarkan informasi positif demi kemajuan bangsa kita.

Sebagai Provinsi yang memiliki budaya Melayu serta terkenal dengan sopan santunnya seperti yang tertuang dalam petuah-petuah Melayu, hendaknya kita mampu menjadi tauladan dalam setiap tutur kata yang bijak. Provinsi Riau dengan masyarakatnya yang heterogen telah mampu menjaga rasa kebhinekaan dengan baik, hal tersebut ditandai dengan suksesnya beberapa kali pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada yang sangat minim konflik walaupun ada riak-riak permasalahan namun itu semua dapat diselesaikan dengan jalan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Ditempat terpisah selepas mengikuti upacara Ketua KPU Riau menyampaikan pesan bahwa kaitannya dengan penyelenggaraan Pemilihan Gubernur Riau 2018, “Peringatan hari lahir Pancasila kali ini hendaknya menjadi momentum bagi kita semua untuk kembali saling asah dan asuh, saling menghargai, mengedepankan musyawarah serta menjadikan Pilgubri 2018 sebagai ajang pendewasaan dalam berdemokrasi yang baik dan benar,” tutur Nurhamin.

Upacara memperingati hari lahir Pancasila kali ini diikuti oleh seluruh pegawai Sekretariat KPU Riau beserta Sekretariat KPU Kota Pekanbaru.(Hupmas/myd)