KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU)
PROVINSI RIAU

Jl. Gajah Mada No. 200 Pekanbaru-Riau, Tel. (0761) 858361, Fax. (0761) 858362

  • abana
  • Pilkada Serentak

    LOGO & MASKOT PILGUBRI 2018, Selanjutnya...
  • Jangan GOLPUT

    Sukseskan Pilkada 15 Februari 2017
  • Roadshow Pilgub

    Menuju Pilgub Riau 2018, Selanjutnya...
Print

Prakarya Mahasiswa Terkait Database Pemilu dan Pilkada di Kpu Riau

PEKANBARU (KPU) – Salah satu prakarya mahasiswa Citra Nadya Ulfa yang melakukan Kerja Praktek (KP) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mempresentasikan hasil KP dihadapan Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas beserta para Kasubbag dan staf bagian Hukum, Teknis dan Hupmas, Kamis (18/7). Dengan mengambil judul “Eksekutif Informasi System Pemilu dan Pilkada” Mahasiswa Universitas Islam Negeri SUSQA Pekanbaru semester akhir ini mencoba menyederhanakan berbagai informasi terkait kepemiluan kedalam database yang dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat dengan mudah.

Citra demikian biasa dipanggil merupakan mahasiswa yang melakukan kerja praktek di KPU Riau selama kurang lebih 3 bulan, dalam kurun waktu yang cukup singkat ia dituntut untuk mampu menyelesaikan KP dengan menghasilkan sebuah karya yang sekiranya berguna bagi instansi tempat ia melaksanakan KP. KP sendiri merupakan salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh para mahasiswa guna melengkapi prasyarat kelulusan Sarjana Strata satu.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Citra, aplikasi yang ia ciptakan merupakan informasi terkait penyelenggaraan Pemilu dan Pemilukada seperti proses pencalonan, perolehan suara, daerah pemilihan, jumlah pemilih dan peserta Pemilu (Partai Politik). Dengan adanya database yang tersistem dengan baik dan sederhana akan memudahkan para pencari informasi memahami sekaligus mendapatkan data yang diperlukan.

Kepala Bagian Hukum, Teknis dan Hupmas Dra. Hj. Odeng Rahmadiani menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada para mahasiswa yang telah mampu menghasilkan karya, terlebih karya tersebut dapat digunakan oleh KPU Riau. Seperti diketahui bahwa KPU secara nasional saat ini tengah menggalakkan adanya open data sehingga KPU kedepan akan menjadi sebuah lembaga yang transparan dan akuntable.

“Dengan pelaksanaan open data yang digagas oleh KPU RI, diharapkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga ini akan semakin meningkat,” Kata Odeng. Meningkatnya tingkat kepercayaan tersebut secara otomatis akan berdampak kepada meningkat pula tingkat partisipasi masyarakat dalam menggunakan suaranya baik pada saat Pemilu maupun Pemilukada, imbuhnya. Kami berharap kedepan para mahasiswa yang melakukan KP di kantor KPU Riau hendaknya juga mampu menghasilkan karya yang sekiranya dapat berdayaguna bagi instansi itu sendiri, sehingga KP yang dilakukan oleh para mahasiswa tidak hanya sekedar menyelesaikan tugas perkuliahan semata, pungkas Odeng.(Hupmas/myd)